memilih nama domain

7 Tips Memilih Nama Domain

Bagaimana memilih domain ketika domain yang Anda inginkan sudah didaftarkan oleh orang lain?

Pasti Anda kebingungan dan sedang berjuang mencari alternatif nama domain untuk website Anda.

Untuk membantu Anda saya membuat artikel ini agar dapat membuat nama domain yang lebih baik.

Nama domain adalah hal pertama yang akan diingat oleh pengunjung website setelah mereka melihat konten website Anda. Mereka lebih mengingat nama domain dari pada pada tampilan website yang memukau. Untuk itu pastikan membuat domain yang menarik dan mudah diingat.

Artikel ini adalah rangkaian dari tutorial mudah dan cepat membuat website dengan wordpress yang sudah saya tulis sebelumnya. Bila Anda belum membaca artikel itu silakan baca terlebih dahulu.

7 Tips Memilih Nama Domain:

Tips Memilih Nama Domain

 

  1. Sesuaikan dengan tujuan website
    • Untuk tujuan bisnis atau menjual produk maka pilihlah nama domain dari jenis bisnis atau nama produk Anda. Ini bertujuan agar orang lebih mudah mengingat produk dan website Anda menjadi satu.
    • Perhatikan tentang pengembangan bisnis, misalnya Anda memutuskan untuk membuat domain sandalkaret.com, lalu bagaimana jika kemudian Anda ingin menjual sepatu?
    • Untuk tujuan blog pribadi ya bisalah pakai nama sendiri seperti nama domain saya ini.
  2. Nama Domain harus mudah diingat untuk memudahkan pengunjung mereferensikan website Anda. Mungkin website Anda bagus dan bermanfaat dan tentu mereka ingin bercerita kepada teman mereka tetapi domain Anda susah hingga mereka lupa maka kemungkinan mereka malah salah menyebut nama domain atau ndak jadi cerita. Supaya mudah diingat coba cara berikut:
    • Buat nama domain yang pendek, seperti: google.com, yahoo.com, amazon.com dll.
    • Buat yang mudah dieja, jangan sampai orang salah mengeja nama domain Anda. Jika salah bisa saja malah menuju website orang lain.
    • Selain pendek dan mudah dieja buatlah yang enak didengar. Jangan sampai sudah pendek dan mudah diejak eh malah kedengaran aneh. Orang bisa jadi ilfill
  3. Gunakan ekstensi dot com. Nah kalau urusan yang ini sepertinya bisa disesuaikan dengan tujuan dari website. Misalnya jika untuk yayasan pakailah .org. Tetapi umumnya orang masih berfikir website ya ekstensinya dot com. Misalnya anda punya produk sandal jepit pasti mereka akan mencoba mencari sandaljepit.com.
  4. Jangan gunakan angka atau karakter. Ya usahakan tidak menggunakan angka dan karakter karena menyulit orang menyebutkan nama domain Anda. Misal sandal-jepit1.com ini dibaca “sandal des jepit satu dot com” bagi orang awam maka dia akan mengira dan menulis alamat domainnya sandaldesjepitsatu.com. Tentu hal itu tidak baik untuk pengembangan website Anda.
  5. Jangan beli domain yang sudah terdaftar. Jika Anda ngotot untuk beli domain yang terdaftar atau memirip-miripkan maka ini akan merepotkan Anda karena mungkin saja Anda akan dituntut oleh pemilik domain.
  6. Hindari domain yang berbau sara dan pornografi. Ini tentu tidak baik bagi citra Anda dan perkembangan bisnis Anda. Lebih-lebih lagi google sebagai mesin pencari terbesar akan memblack list website Anda.
  7. Beli domain satu paket dengan layanan hosting Anda. Tips yang ini adalah untuk tujuan kemudahaan Anda mengelola website Anda karena jika Anda membeli domain yang terpisah dengan hostingan maka Anda perlu mengarahkan nama domain dari layanan domain ke layanan hosting.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Hosting

Demikianlah 7 tips memilih nama domain. Tulisan ini hasil browsing kesana-kemari saat saya kebingungan menentukan nama domain. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda menentukan nama domain. Jika Anda memiliki pertanyaan silakan tulis di kolom komentar.

Terimakasih…

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca Juga: 7 tips memilih nama domain. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan