Tips Memilih Hosting yang bagus

8 Tips Mudah Memilih Hosting

8 tips memilih hosting ini dibuat khusus untuk Anda yang sedang kebingungan memilih layanan hosting.

Ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan hosting memberikan harga yang kompetitif namun bagaimanakah cara memilih yang pas dengan kebutuhan Anda?

Berikut saya tunjukkan apa saja yang harus diperhatikan saat memilih hosting.

Tidak hanya harga yang harus diperhatikan tetapi faktor-faktor seperti kehandalan server hosting, fitur dan support menjadi sangat penting. Karena percuma saja jika harganya murah tetapi jika tidak bagus maka kerugian yang akan dialami bisa jauh lebih besar.

Mungkin Anda belum mengerti apa sih hosting itu?
Hosting adalah komputer server tempat kita menaruh file-file website seperti tulisan, gambar dan video sehingga dapat diakses secara online dari seluruh dunia. Untuk itu kita harus memilih hosting yang bagus karena jika tidak website Anda tidak akan dapat diakses.

Inilah 8 tips memilih hosting.

1. Kehandalan Server Hosting

Saat membuka website dari penyedia layanan hosting Anda pasti menemukan kata-kata yang menarik tentang kehebatan hosting mereka. Tapi jangan percaya dulu sebelum melihat review yang dapat di cari dengan google dan di forum-forum (bukan review dari website mereka).

Dulu saya kecewa karena hanya mengandalkan pencarian di google ketika mengetik hosting terbaik. Saat itu saya percaya saja dengan yang muncul di halaman pertama dan langsung membuka websitenya yang terlihat bagus dan menjanjikan. Tetapi, ternyata setelah berjalan beberapa minggu saya merasa kecewa karena banyak kekurangan yang terjadi.

Lihat apakah ada garansi uang kembali. Hal ini penting jika setelah membeli kita mengalami kendala dan tidak terselesaikan dengan baik maka kita dapat meminta uang kita kembali. Biasanya mereka memberikan garansi 30 hari uang kembali.

Untuk urusan ini yang berani ngasi garansi uang kembali lebih lama berarti mereka yakin dengan kehandalan server mereka.

Pertanyaannya apakah ada yang berani ngasi garansi uang kembali lebih dari 30 hari?

Dan ternyata ada loh yang berani beri garansi 90 hari uang kembali untuk layanan hosting mereka.

 

2. Cek Testimoni

 

Biasanya di halaman website penyedia halaman hosting menampilkan testimoni dari pelanggan mereka dan juga link ke websitenya. Testimoni ini diisi oleh pengguna layanan mereka yang merasa puas.

Nah silakan dicoba link tersebut apakah benar ada atau tidak. Jika ada perhatikan kecepatan akses atau loading dari websitenya.

Jika tidak ada kemungkinan testimoni itu hanya pemikat atau mungkin yang memberikan testimoni sudah berpindah layanan hosting ke yang lebih baik.

Semakin banyak testimoni kepuasan atas layanan hosting tersebut berarti mereka dapat memberikan dukungan yang bagus dan membuktikan kehandalan dari server hosting mereka.

Baca juga: Tutorial lengkap membuat website dengan WordPress.

 

3. Kapasitas Penyimpanan Data

Harga hosting juga ditentukan dari besar penyimpanan data-data website kita. Semakin besar semakin mahal. Apabila Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar sepertinya membutuhkan biaya yang mahal. Tetapi sekarang telah banyak penyedia hosting yang memberikan unlimited storage dengan harga yang kompetitif.

Untuk website sederhana seperti company profile untuk sekadar menampilkan tentang usaha Anda maka tidak dibutuhkan alokasi penyimpanan yang besar. Kapasitas 250MB saja sudah cukup. Sedangkan jika menggunakan WordPress sebaiknya mulai dari kapasitas penyimpanan 500MB karena semakin sering update WordPress membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Saya biasanya memilih hosting dengan kapasitas 1GB. Selama ini website yang saya kelola belum pernah melebihi 500MB.

 

4. Bandwidth

Sepertinya bagian ini sudah tidak perlu dipikirkan lagi karena hanya sedikit layanan hosting yang pernah saya lihat membatasan transfer data selebihnya berani memberikan unlimited bandwidth.

Bila ada batasan bandwidth misalkan 10GB maka dalam sebulan jika melebihi 10GB website kita akan down dan baru akan bisa diakses lagi di bulan depan.

Batasan bandwidth ini biasanya diberlakukan untuk kawasan diluar lokasi server. Misal jika lokasi server di Indonesia maka traffic dari lokal Indonesia tidak dibatasi. Sedangkan jika traffic datang dari luar Indonesia barulah dihitung dan ada batasannya.

 

5. Lokasi Server

Ada banyak layanan hosting yang memberikan pilihan lokasi server sesuai dengan keinginan. Untuk menentukan lokasi server sebaiknya disesuaikan dengan target pasar kita.

Misal jika website kita menyasar pasar luar negeri ada baiknya lokasi server dipilih di luar Indonesia. Tetapi jika targetnya adalah lokal sebaiknya pilih lokasi server di Jakarta saja. Hal ini mempengaruhi kecepatan loading website.

Semakin dekat dengan pengunjung maka semakin cepat loading website sehingga pengunjung menjadi betah karena website kita cepat.

 

6. Fitur Wajib 2017

Para penyedia layanan hosting pasti berlomba-lomba untuk menyediakan fitur terbaik di layanan mereka. Fitur-fitur yang biasa seperti CPanel, AutoBackup, WordPress, email, ftp dll dapat dengan mudah ditemui.

Dan pastikan ada 3 fitur wajib ini dalam hosting yang akan Anda beli. Time Machine Backup, SSL dan integrasi CDN.

Time Machine Backup berfungsi untuk mengembalikan website seperti semula ketika kita mengalami kendala dengan website kita. SSL memberikan fitur enkripsi untuk https sehingga website kita dipercaya oleh pengunjung dan dapat mendongkrak SEO website.

CDN (Content Delivery Network) sangat wajib agar load website kita lebih cepat. Dengan bantuan CDN bila server kita di Jakarta dan ada yang akses website di Inggris mereka akan merasakan kecepatan kita sama seperti orang yang mengakses dari Indonesia.

Silakan cek layanan hosting dari DEWAWEB. Mereka memiliki fitur-fitur wajib 2017.

7. Support

Inilah bagian yang paling penting dalam website dan blogging. Seiring waktu mungkin saja website kita mengalami masalah dan membutuhkan bantuan dari pihak penyedia hosting untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.

Tidak jarang masalah terjadi di luar jam kerja normal sehingga kita jika mereka tidak 24/7 hari maka kita pasti akan kecewa dan kehilangan pelanggan. Untuk itu ada baiknya Anda mencoba dulu live supportnya sebelum memutuskan untuk membeli.

Bagaimana cara mencoba live support hosting?

Anda bisa klik live support di halaman website mereka dan tanyakan hal-hal yang kurang jelas di luar jam-jam kerja normal. Perhatikan apakah mereka merespon dengan cepat dan baik. Apabila slow respon maka Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana jika suatu saat nanti Anda benar-benar mengalami masalah dan butuh bantuan cepat.

 

8. Harga

Masalah harga sangat relatif bagi setiap orang. Untuk mereka yang memiliki modal besar harga tentu tidak menjadi masalah. Sedangkan bagi yang bermodal pas-pasan maka masalah harga adalah pertimbangan yang sangat penting dalam memilih hosting.

Sekarang sedang ngetrend para layanan hosting memberikan diskon di tahun pertama bahkan ada yang sampai di atas 50%. Tentu potongan harga ini sangat menggiurkan dan memikat hati tetapi jangan order dulu.

Sebaiknya Anda lihat dan cek harga sebelum diskon karena itulah harga yang harus Anda bayar setelah lewat sewa (biasanya 1 tahun). Jangan kaget bila nanti pas saat perpanjangan tiba-tiba harganya jadi mahal dan berpikir untuk pindah hosting tapi memakan waktu sehingga Anda merasa terjebak dan tertipu.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini sehingga saya berpindah hosting dan saya tidak ingin Anda mengalami kepahitan yang sama.

 

Jadi sebaiknya pilihlah layanan hosting yang memberikan diskon sewajarnya karena tidak enak juga rasanya kalau beli yang tanpa diskon. Ibarat beli baju kalau ndak nawar ndak beli. hahaha 😀

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan hosting yang tepat. Mohon juga share artikel ini kepada teman-teman Anda di media sosial barangkali mereka dapat terbantu.

Terimakasih….

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca Juga: 8 Tips Memilih Hosting […]

  2. […] Lebih lanjut tentang hosting dapat dibaca pada postingan dengan judul 8 tips memilih hosting. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan