Cara Cepat Membuat Website

Tutorial Lengkap Membuat Website dengan WordPress

Selamat datang dan terimakasih sudah mampir. Anda tiba di sini pasti karena sedang membutuhkan solusi dalam masalah pembuatan website, betul?

Saya yakin Anda juga pasti sudah mencari-cari informasi tentang harga website, ya kan?

Mahal? Untuk itu, mari saya tunjukkan bagaimana cara membuat website dengan cepat, murah dan sangat mudah.

Di sini saya tidak menjual apapun kepada Anda malah saya berikan gratis berupa video tutorial di mana Anda dapat membuat sendiri website Anda dengan cepat, murah dan sangat mudah.

Video ini dapat Anda tonton gratis di blog ini atau di channel youtube saya. Namun sebelum itu ada baiknya Anda baca dulu penjelasan dasar tentang website di bawah ini.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda belum bisa naik sepeda tetapi disuruh naik sepeda motor untuk pergi ke tempat yang Anda inginkan. Maka Anda sudah pasti celaka dan akan sangat berbahaya.

Dalam membuat website juga demikian. Anda mungkin saja mengalami kerugian karena salah pilih hosting, salah pilih domain, beli website kemahalan dan ujung-ujungnya website Anda tidak menghasilkan seperti yang diharapkan.

Inilah 5 langkah membuat website dan hal-hal yang harus diperhatikan.

1. Hosting

Tips Memilih Hosting yang bagus

Menentukan hosting bisa sangat membingungkan karena ada banyak sekali layanan hosting dengan penawaran dan diskon yang memikat.

Tapi nanti dulu!

Jangan hanya melihat harga dan besarnya diskon. Cari tahu dulu tentang kehandalan server mereka. Cari informasinya dengan cara melihat review-review dari google dan lihat di forum-forum.

Jika Anda salah memilih layanan hosting Anda pasti akan sangat kecewa dan mengalami kerugian.

Misal saja, ketika website sudah mulai ramai tiba-tiba hosting down karena tidak kuat menampung beban banyaknya pengunjung. Ini berakibat kehilangan pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting adalah: fitur, support dan harga. Tiga hal ini harus seimbang dan masuk akal.

Tips dari saya sebelum membeli hosting coba dulu layanan live supportnya.

Coba saja tanya hal-hal yang tidak Anda mengerti dan perhatikan waktu respon mereka. Jika responya lambat maka dapat dibayangkan jika suatu saat Anda mengalami kendala dan butuh bantuan cepat Anda akan kesusahan dan marah-marah tidak jelas.

Video di atas menunjukkan cara saya mencoba live support dari layanan hosting yang akan dibeli. Setelah memastikan live supportnya memberikan respon yang cepat barulah melanjutkan ke proses order.

Lebih lanjut tentang hosting dapat dibaca pada postingan dengan judul 8 tips memilih hosting.

 

2. Domain

memilih nama domain

Saat ini Anda pasti sudah punya domain yang siap didaftarkan dan rasanya sudah bagus.

Apakah sudah dicek domain tersebut masih tersedia? Jika domain masih tersedia maka Anda aman. Tetapi jika jawaban dari pertanyaan ini adalah belum maka saat ini Anda pasti sedang kebingungan menentukan domain.

Jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Ada banyak yang pernah mengalami hal yang sama dan berhasil menemukan solusi dalam menentukan domain dan malah domain mereka sekarang lebih bagus dan lebih menghasilkan.

Yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menggunakan nama usaha kita untuk nama domain. Jangan ngotot harus pakai kata kunci yang diincar sebagai nama domain jika sudah banyak yang menggunakan itu untuk domain.

Mereka telah bersaing untuk menjadi ranking pertama di google dalam persaingan kata kunci itu sehingga dengan menggunakan nama usaha atau nama sendiri Anda akan jauh lebih mudah dalam mengenalkan website Anda.

Saat berkenalan dengan orang dan ingin mereka tahu tentang usaha Anda maka kita dengan mudah menyebutkan nama domain kita karena sama dengan nama perusahaan. Mereka juga lebih gampang mengingat dan menemukannya ketika suatu saat ingin melihat tentang Anda.

Contoh, saat saya berkenalan maka saya akan mengatakan “cek website saya ya di kamartina.id”. Ketika mereka ingin melihat tentang saya maka mereka akan masuk ke google mengetik kata kamartina dan pastinya website kamartina.id akan muncul di page one.

Sendangkan bila saya mengenalkan diri dengan “cek website saya ya di caramudahmembuatwebsite.com”. Maka mereka akan membuka google dan mengetik cara mudah membuat website dan mungkin saja website saya tidak ada di page one karena ada banyak sekali yang sudah bersaing dalam kata kunci itu.

Baca Juga: 7 tips memilih nama domain.

 

3. WordPress

Inilah alat yang membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Dengan WordPress membuat website semudah mengetik di Word.

Anda tidak perlu mengetahui bahasa pemrogaman untuk membuat website. Yang Anda butuhkan hanya 5 menit.

Ya, hanya 5 menit bahkan kurang Anda dapat memiliki website yang siap di isi konten.

Ibaratnya sebuah toko yang sudah memiliki kebutuhan dasarnya seperti sudah ada meja, kursi, lemari, etalase, tempat sampah, toilet dll. Tinggal bagaimana Anda mengatur agar toko Anda lebih menarik dan bersih.

Kembali lagi ke langkah yang pertama tadi yaitu hosting. Hampir semua penyedia hosting menyediakan fasilitas install gratis WordPress di hosting mereka. Dan caranya pun sangat mudah. Sudah ada di video.

Yang perlu diperhatikan adalah memastikan username dan password Anda strong supaya tidak dijebol orang. Namun apabila hosting Anda memiliki fitur Time Machine Backup maka ketika mengalami kendala itu Anda tidak perlu khawatir karena dengan satu tombol website Anda dapat pulih seperti semula.

Salah satu layanan hosting yang menawarkan fitur tersebut adalah DEWAWEB.

Lebih lanjut tentang cara menginstall WordPress di hosting.

 

4. Install Theme dan Plugins

Themes WordPress

Langkah keempat setelah WordPress terinstall dengan baik adalah mengatur tampilan website agar dapat menarik pengunjung. Kita bisa memanfaatkan theme dan plugins baik yang gratis atau pun berbayar.

Seperti halnya toko yang sudah ada meja, kursi dll kini saatnya mengatur penempatan, warna dan penambahan atau pengurangan detail dalam website.

Sebuah theme berfungsi untuk mengatur tampilan sedangkan plugin befungsi untuk menambah kemampuan dari WordPress. Dalam video tutorial di atas sudah saya tunjukkan cara memilih dan menginstall theme.

WordPress secara default tidak menyediakan kontak form untuk mengirim email dari website maka kita membutuhkan plugins yang bisa membuat dan mengirim email. Kita dapat menggunakan plugin contact form 7 untuk tujuan itu.

Mengenai theme sesuaikan dengan tujuan website Anda dan market yang ingin disasar.

Seperti contoh dalam video saya membuat website pulausurgabiru.com dengan tujuan untuk menyewakan motor bagi para wisatawan. Jadi saya memilih theme dengan kemampuan menunjukkan gambar sebagai slider dan fitur galeri yang mudah dipakai.

Jika Anda memiliki uang lebih sebaiknya membeli theme yang berbayar karena theme gratis memiliki keterbatasan yang bisa diaktifkan jika membayar lisensi. Sekarang telah ada banyak WordPress developer kita yang membuat theme berkualitas. Kamartin.id ini menggunakan theme lokal setelah mencoba dan melihat reviewnya yang bagus.

Baca juga: langkah mudah pasang theme dan plugin.

 

5. Membangun Website

Website Pulau Surga Biru

Inilah bagian yang paling penting. Sekarang saatnya membangun website kita.

Anda harus memasukkan konten-konten website seperti gambar, tulisan dan video. Anda akan membuat halaman, postingan, halaman penjualan, dan lainnya.

Apabila Anda membeli website mereka juga akan meminta ini kepada Anda karena Andalah yang paling tahu tentang bisnis yang Anda ingin pasarkan.

Jangan khawatir caranya sangat mudah. Persis seperti sedang membuat dokumen di MS Word. Cukup dengan mengetik kata-kata kemudian menyisipkan gambar dan terakhir setelah dirasa OK tinggal klik tombol terbitkan maka konten Anda siap dibaca dan disebarkan.

Seperti tulisan ini yang sedang Anda baca juga dibuat dengan cara yang sama. Sangat mudah dan tidak merepotkan.

Yang penting untuk diperhatikan adalah komposisi tulisan dan tata letak gambar yang harus seimbang. Di dalam video tutorial di atas saya tunjukkan bagaimana menyeimbangkan tulisan setiap konten agar lebih menarik dan enak dibaca.

Kita dapat memanfaatkan fitur page builder dari theme untuk membuat halaman yang lebih menarik dengan mudah. Jika theme Anda tidak menyertakan page builder Anda dapat memasangnya sendiri seperti memasang plugins. Namun pastikan theme dan page builder tersebut compatible.

Sekarang Anda telah menyimak dasar dari langkah-langkah membuat website. Saatnya Anda menonton video tutorial lengkap di atas.

Jika Anda memutuskan untuk membeli hosting di DEWAWEB melalui banner dari blog ini maka saya akan memberikan folder website dalam video tutorial sehingga Anda memiliki kerangka website dan Anda hanya tinggal mengganti kata-kata dan gambar saja.

Terimakasih. Mohon untuk share artikel ini ke teman-teman Anda barangkali mereka dapat terbantu melalui artikel ini.

 

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] ini adalah rangkaian dari tutorial mudah dan cepat membuat website dengan wordpress yang sudah saya tulis sebelumnya. Bila Anda belum membaca artikel itu silakan baca terlebih […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan