Themes WordPress

Cara Install Theme dan Plugins WordPress

Setelah memiliki website dengan WordPress Anda mungkin merasa tampilannya kurang bagus dan kurang manarik. Untuk itu Anda butuh cara untuk mengubah tampilan website Anda menjadi indah.

Mungkin Anda mengira mengubah tampilan website susah dan butuh keahlian bahasa pemrogaman web. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa Anda sudah pakai WordPress dan merubah tampilan WordPress adalah semudah seperti mengganti baju.

Yang Anda butuhkan adalah sebuah themes yang tepat. Bagaimana caranya? lanjutkan baca artikel ini.

Themes berfungsi untuk mengatur tampilan website seperti tata letak tulisan, judul, gambar, video, sidebar, warna dan lainnya. Theme itu seperti dekorasi pada toko Anda, dialah yang mengatur warna tembok, tata letak etalase, letak meja, letak kursi, warna meja dan lain sebagainya.

Dan ada satu lagi yang dibutuhkan yaitu plugins. Plugins berfungsi untuk menambah kemampuan dari apa yang disediakan WordPress secara default. Misalkan saja Anda ingin membuat toko online maka Anda membutuhkan plugins Woocommerce.

Theme WordPress ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk yang gratis dapat dipilih langsung dari halaman Dashboard WordPress. Biasanya sebuah theme WordPress memiliki dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Theme WordPress gratis memiliki keterbatasan yang baru bisa dibuka setelah membeli versi berbayarnya. Ini dilakukan untuk oleh pengembang theme tersebut untuk memberikan kesempatan bagi kita mencoba terlebih dahulu theme mereka sebelum memutuskan untuk membeli.

Loh, katanya WordPress gratis?

Iya WordPress yang dipakai untuk dasarnya gratis tetapi pengembang pihak ketiga diperbolehkan membuat versi berbayar dari plugins ataupun theme WordPress yang mereka kembangkan.

Walaupun demikian ada banyak theme WordPress gratis yang bagus dan sesuai dengan tujuan website kita. Contoh saja website yang baru saya buat yaitu https://pulausurgabiru.com.

Website Pulau Surga Biru

Di sana saya menggunakan theme gratis yang dipilih langsung dari halaman dashboard WordPress. Namun jika teman-teman lihat website tersebut memiliki tampilan seperti theme premium. Jadi dari ribuan theme WordPress gratis kita hanya perlu memilih mana yang pas buat kita dan butuh kesabaran untuk itu.

Theme WordPress berbayar biasanya disebut dengan Theme Premium. Ada banyak pengembang Theme WordPress baik di dalam maupun di luar negeri. Jika Anda tidak memiliki paypal maka pilihannya adalah menggunakan theme karya anak bangsa.

Tonjoo Studio adalah pengembang Theme dan Plugins yang beralamat di Jogja. Saya sudah menggunakan theme dan plugins mereka. Selama ini belum ada kendala. Bagusnya jika teman-teman membeli theme dari lokal adalah ketika mengalami masalah komunikasi dengan tim support mereka menggunakan bahasa Indonesia.

Jika Anda terbiasa dengan Bahasa Inggris maka membeli theme dari pengembang luar negeri bukanlah sebuah kendala karena Anda dapat berkomunikasi lancar dengan mereka.

Satu lagi, harga theme WordPress lokal lebih murah dan tidak membutuhkan kartu kredit atau paypal. Jadi seperti saya yang tidak punya paypal lebih memilih theme lokal seperti theme blog yang saya gunakan ini.

Lalu, Apakah cara memasang theme dan plugin itu mudah?

Ya, sangat mudah. Dengan WordPress kita tidak perlu tahu coding, cukup dengan click and drag saja.

Ada tiga cara untuk memasang theme dan plugins di WordPress, diantaranya sebagai berikut:

  1. Memilih langsung theme dan plugins yang tersedia melalui dashboard wordpress.
  2. Mengupload theme dan plugins melalui dashboard wordpress.
  3. Mengupload theme dan plugins ke server hosting dengan menggunakan FTP.

Seperti biasa kebanyakan dari kita pasti akan memilih cara yang termudah, tercepat dan ngga pake ribet. Sehingga saya akan membahas cara pertama yaitu memilih dan menginstall langsung dari dashboard wordpress.

Silakah masuk ke admin dashboard wordpress Anda dan ikuti langkah berikut:

Baca juga: Cara Cepat Install WordPress di Hosting.

Cara Install Themes di WordPress

  1. Pilih menu Apperance > Themes. Di sini Anda berada di halaman theme-theme yang sudah ada di wordpress Anda. Lanjutkan dengan klik Add New kemudian Anda akan dibawa kehalaman theme-theme yang tersedia dan siap diinstall.
    install themes wordpress
  2. Anda bisa langsung memilih yang tersedia atau Anda juga bisa melakukan filter dengan klik pada feature filter untuk mencari theme yang diinginkan misalnya Anda suka warna hijau, ada dua kolom dan sidebar berada di kanan. Selanjutnya klik Apply Filter dan secara otomatis wordpress akan mencarikan theme yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
    install themes wordpress
  3. Setelah menemukan theme yang diinginkan silakan klik install maka wordpress akan menginstall theme tersebut ke website Anda.
    Install Themes WordPress
  4. Anda sekarang dibawa ke halaman instalasi theme yang sudah berhasil dan langkah terkahir adalah klik activate untuk menerapkan theme yang baru.
    Install Themes WordPress
  5. Silakan buka website Anda untuk melihat tampilan terbaru.

Biasanya setelah memasang theme baru tidak langsung seperti gambar yang tampil saat memilih theme. Anda masih butuh melakukan pengaturan tambahan untuk menyesuaikan theme yang baru. Saran saya ada baiknya Anda mengisi konten website Anda terlebih dahulu, seperti artikel dengan gambar atau video. Ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan theme yang baru.

Cara Install Plugins di WordPress

  1. Pilih menu Plugins > Add New. Dengan begini Anda akan masuk ke halaman memilih plugins. Contoh misalnya Anda membutuhkan plugins untuk slider (gambar bergerak bergantian) maka silakan tulis slider di kotak pencarian dilanjutkan dengan enter. Maka dengan begini wordpress akan mencarikan plugins Slider untuk Anda.
    Install Plugins WordPress
  2. Setelah menemukan plugins yang diinginkan lanjutkan dengan mengeklik install Now dan Anda akan masuk ke halaman instalasi. Di sini silakan klik activate plugins untuk mengaktifkan plugins.
    Install Plugins WordPress
  3. Setelah diaktifkan kita bisa mencari menu dari plugins tersebut untuk melakukan pengaturan. Di sini saya contohkan Huge IT Slider. Di sisi kiri dashboard sudah ada menu Huge IT Slider. Silakan klik menu tersebut untuk melakukan pengaturan plugins.
    Install Plugins WordPress

Gimana? Mudah kan install theme dan plugins?

Saat bosan dengan tampilan website yang sekarang kita bisa dengan mudah merubah tampilan dengan mengganti themes. Saat butuh fitur baru di website kita, ya tinggal cari plugins yang sesuai klik install beres. Inilah kenapa banyak orang memilih menggunakan wordpress karena kemudahan dan fleksibelitasnya.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan